Membuat taman vertikal sederhana


Kali ini bagi kamu yang doyan berkebun dan pengen mencari ide baru dalam menata taman, nah, kali ini ada cara yang mungkin dapat kamu coba dalam merubah kreasi kamu dalam membuat taman. Salah satunya dengan memakai metode vertical garden / taman vertikal. Kamu masih bingung, mari baca artikel ini lebih lanjut.

Vertical garden adalah sebuah taman dengan konsep penanaman pada bidang tegak / vertikal. Kalau halaman rumah kamu sempit dan pengen memiliki sebuah taman, maka tak ada salah untuk mencoba yang satu ini. Ok, langsung saja bahan yang digunakan antara lain adalah :

1. Rockwoll

Nah, kalau media ini berupa lembaran dengan ketebalan 7 cm dan dapat bersifat menyerap air. Dapat juga digunakan juga untuk membuat vertikal garden. Harga dari media ini sendiri berkisar 75ribu per meter

2. Memakai Textile atau karpet

Kalau bahan ini dapat ditemukan dipasaran dan karpet yang digunakan juga dapat berupa karpet mobil. Harga dari textile atau geotextile ini sekitar 40 ribu saja per meter. 

3. Memakai tali ijuk

Kalau mau membuat vertikal garden, bisa juga dengan menggunakan media tali ijuk dan dilekatkan dengan pipa paralon. Tanaman yang ditanam pun dapat berupa begonia, pakis dan sejenis dengan philodendron. Harganya pun murah dengan menggunakan media ini, sekitar 5ribu/ikat.

Cara pembuatan sederahan dengan media karpet :

Kamu mengelar 2 buah karpet tadi pada dinding dengan kontruksi baja yang tahan karat, kemudian potong dengan ukuran 10 cm. Lalu kamu tentukan saja jarak tanam yang cocok misalnya sekitar 20 cm, tergantung tanaman yang dipakai sehingga seperti sebuah kantong, hasil akhirnya. 

Selanjutnya kamu tinggal masukkan saja tanaman yang mau kamu tanam, tapi ingat tanaman ini harus disiram sebanyak 3-5 kali dalam 1 hari. Kalau kamu rajin bisa nambah kerjaan ini, tapi bagi kamu super sibuk dapat juga menggunakan pompa air yang memiliki timer untuk menyiram tanaman ini.

Jadi, kamu tertarik, silahkan coba trik ini untuk memperindah dan juga membuat lingkungan kamu jadi semakin hijau.
Comments
3 Comments

3 Bacotan:

JIMMY said...

cara ini kyknya cocok yaa buat orang yang pengen punya taman namun gak ada lahan atau bisa juga ntuk perkantoran agar lebih memperindah kota dan membersihkan udara

salam blogwalking Hal-Hal Gratis di Paris

Marthin Silalahi said...

ya bener gan, cocok buat yang hobi mmperindah halaman rumah selain irit juga membuat lingkungan menjadi hijau kembali

terimakasih sudah berkunjung, ke blog saya,

Salam

Sonny Suradi said...

Inngin mengetahui lebih jauh mengenai taman vertikal / vertical garden / greenwall? cek di www.tamanvertikal.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...