Membuat VGA External di Laptop




Kamu suka bermain game di laptop dan termasuk seorang maniak game juga ?? Nah, kali ini ada solusi untuk kamu para gamer yang suka main game di laptop. Salah satu kendala jika bermain game di laptop adalah VGA Card yang tidak mendukung atau pun kapasitas terbatas. Dan jika kamu salah seorang gamer dengan pengguna  laptop lama, tidak ada salahnya kamu coba untuk melakukan pembuatan vga external ini. Ok, langsung saja, kamu perhatikan langkah berikut ini.

1. Kamu membutuhkan sebuah adaptor express card, sebuah VGA Card ( NVIDIA atau ATI ) dengan kapasitas tergantung dengan kamu dan sebuah komponen pendukung yang penting yaitu PCIe Adapter.

Jika kamu belum kenal dengan PCIe Adapter, maka ini adalah perangkatnya. Kalau mau tau lebih lanjut, silahkan kamu klik saja link dibawah gambar.

PCIe PE4L (Passive Adapter v1.5 )

PCIe PE4H ( Passive Adapter v2.4)

PCIe PE4L ( PCI Adapter v2.1 )
2. Kamu hubungkan VGA Card, express card adapter dan kabel power supply ke slot PCIe. Kali ini akan dipakai PCIe dengan tipe PE4H ( gambar no 2 ). Lihat pada gambar berikut.

step 1
Satu set PE4H dengan Power supply slot

step 3 

3. Dan kamu jangan lupa untuk menghubungkan ujung kabel power supply dari PCIe tadi ke power supply kamu. Setelah itu kamu hubungkan port VGA pada VGA Card ke LCD atau monitor PC kamu. Sebelumnya kamu lakukan cek VGA Card dengan menghidupkan power supply dan kamu hidupkan saklar kecil pada slot power supply. Lihat pada gambar dibawah ini.

step 6

4. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan Express Card Adapter ke slot express card yang berada di laptop kamu. Lihat pada gambar.

step 7

5. Selanjutnya, kamu atur tampilan di LCD atau monitor yang sudah terhubung dengan VGA tadi. Lihat pada gambar dibawah ini. Dan kamu pun sudah dapat memainkan game berat dilaptop kamu dengan VGA external ini.

step 8

Jika kamu ingin melihat performa grafis, kamu langsung klik kanan pada computer dan pilih properties. Maka akan muncul system rate untuk performa grafis yang kamu miliki.

OK, Selamat mencoba
Comments
26 Comments

26 Bacotan:

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
FPSGames said...

vga nya yang khusus notebook aka laptop atau yang desktop aka pc

Unknown said...

Kalau VGA, yang dipakai itu untuk komputer gan.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :)

Salam

maharanie said...

yup... oke dahh.. paham aku udah. tapi pert2 tsb bisa aku beli dimana? ada referensi ????

Unknown said...

ok, semoga bermanfaat buat kamu, kalo part tersebut dapat juga dibeli online via amazon.com sis.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :)

Salam

Hamzah said...

mas... kan notebook saya gak ada port express nya, terus gimana nih? ada gak port usb di rubah jadi port express?

Unknown said...

Ga bisa gan, saat ini belum ada device yang dapat membuat port usb menjadi port express.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :)

Salam

ghostsuer said...

mohon diagramnya mas, berbentuk gambar saja....tlng email ke ghostsuer@yahoo.com

Unknown said...

Diagram gimana maksudnya gan ?? ini ga ada pakai diagram :)

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :)

Salam

Deni Gumilar said...

mas Marthin_CH yang smart,konten blognya mantep bgt euy.
Mau tanya mas,klo VGA nya Nvidia 1Gb ? atau 2Gb apakah support ke specs laptop saya?
Specsnya :
Intel pentium P6200 2,1GHz
RAM : 3 Gb
VGA : 256 Mb (intel HD)
tersiksa nih pake VGA Intel :(.
Makasih mas.

Unknown said...

Maksud agan itu VGA intel di laptop agan diganti dengan VGA Nvidia dengan kapasitas 1 / 2 GB ? Kalau mengganti VGA laptop ga bisa gan, karena uda bawaan pabriknya seperti itu.

Tapi kalau agan mau coba buat VGA external dengan VGA Nvidia bisa kok.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :)

Salam

Unknown said...

Tanpa PCI express ga bisa dibuat gan, karena itu komponen pendukungnya juga.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :)

Salam

yuda said...

jadi kalo ga ada Slot Expres Cardnya gmna dong gan ? laptop gw Acer Aspire 4736

Unknown said...

Kalau ga ada slot express ya gak bisa dipasang VGA externalnya, gan.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :)

Salam

Unknown said...

Kalau masalah PS, agan bisa pakai untuk PS komputer biasa saja.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :)

Salam

Erfian said...

berarti ini maennya di lcd? gak di laptop?

Unknown said...

Ya gan, ini bermain game dengan menggunakan LCD atau LCD laptop juga bisa.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :)

Salam

Unknown said...

Kalau laptop agan ga bisa menambah VGA, kalau pun bisa itu hanya sedikit saja dari upgrade RAM gan.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :)

Salam

Erfian said...

cara mengembalikan settingannya agar bisa kembali lagi tanpa monitor gmn?

thanks

Bima Prasetyo's Mobile Blog said...

Gan... Minta Daftar harga alat pendukungnya njeh,,
saya pengguna gamenya apalagi PES 2013, ACERku Gosong PORT USBnya saking gikanya maen, tgl Expresnya doang yg solusinya. sya minta butuh brp Bugdet harus ada bahan pendukung itu... kira aja, syukur brp2 gt tiap komponen...

Unknown said...

gan .. klo liat specifi di laptop ane ada slot PCCard apa itu yang di maksud Slot express Card??

ikanhiusan said...

Bro, laptop saya Dell Precision M6600 (mobile workstation), nah vga card NVIDIA Quadro 3000M with 2GB GDDR5 mati/rusak (bisa dicopot sih) -bisa ngga untuk sementara menggunakan cara bro ini, sambil nunggu barang baru nya.

Unknown said...

mas menyediakan alat2nya untuk di jual tidak? saya snagat tertarik.

hubungi saya di
puisiomongkosong@ymail.com

:)

Unknown said...

Erfian : kalau ingin mengembalikan setting awal, agan tinggal cabut saja semua perangkatnya

Ardhy arthur : silahkan agan googling :)

Ikanhiusan : kalau agan ingin pake VGA laptop saya kurang tahu juga ntah bisa digunakan atau tidak. Sebaiknya saya sarankan sesuai dengan apa yang sudah saya posting saja. Kalau agan ingin coba ya, resiko agan tanggung sendiri :)

Imam : Kalau perangkat ini hanya ada dalam jual beli online. Kalau mau agan coba browsing saja di situs amazon.com.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :)

Salam :)

Unknown said...

Mas, ini harus make monitor external lagi ya?
Gak bisa gitu cma make monitor laptop aja?
Penasaran nih, baru liat ada kyk beginian.
Nice share mas, balesannya ditunggu. :)

Admin - Afat said...

ijin sedot ya gan buat blog ane, mklum bloger baru, masih butuh bahan untuk posting hehehe... ajib bgt gan posting'a. thq

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...