Jelajah Toba Samosir VI



Pantai Bebas Sukkean
Pantai Sukkean
Kawasan wisata ini terletak di kecamatan Onan Runggu, Samosir. Kawasan ini berupa pantai dengan pasir putih dan bebatuan putih. Kawasan ini sering digunakan untuk mandi, melakukan kegiatan berjemur serta bersantai dengan menghadap ke arah danau Toba. 

Pelabuhan kapal
Selain dari situ kawasan Sukkean ini juga memiliki pelabuhan kapal / dermaga kapal yang dapat digunakan sebagai tempat pengangkutan barang dan penumpang kapal lainnya.

Tambun Sukkean

Kawasan wisata ini terletak di Desa Tambun, Sukkean. Disini merupakan tempat pemandian alam dan panorama Danau Toba di Sukkean. Tetapi untuk berkunjung kemari masih ada kendala akses jalan transportasi menuju daerah ini belum memadai.

Batu guru

Kawasan wisata ini terletak di daerah Samosir, berada di kecamatan Nainggolan tepatnya di desa Pangaloan. Masyarakat menganggap bahwa batu ini sakral dan dilarang melakukan perbuatan yang tidak wajar serta berkata tidak sopan.


Kawasan ini menyuguhkan pemandangan alam yang berupa batu dengan 3 buah fondasi. Masyarakat batak meyakini kalau ketiga fondasi batu ini merupakan simbolis dari 3 falsafah orang batak yaitu "Dalihan natolu".


Pantai Mariaraja

Kawasan wisata pantai ini terletak di kecamatan Nainggolan tepatnya di desa Mariaraja. Pantai di kawasan ini cocok digunakan untuk pemandian alami langsung dengan air danau Toba serta dapat juga dijadikan tempat rekreasi.

Mata air Parngongo

Kawasan wisata ini terletak di kecamatan Sitio tio, Samosir. Di kawasan ini terdapat sebuah mata air yang air yang dihasilkan jernih dan terawat dengan baik. Konon katanya air dari mata air ini mampu menyembuhkan penyakit

Gua Datu Parngongo

Kawasan wisata ini sama seperti kawasan wisata mata air parngongo, yaitu terletak di kecamatan Sitio tio. Kawasan ini merupakan sebuah gua yang berada di dekat mata air parngongo, tepatnya berada di bawah lereng bukit. Gua ini memiliki cerita kalau pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat bersemedinya seorang dukun ( datu ) Parngongo untuk mempertahankan diri dari musuh.

Pantai Bebas
Pantai Bebas
Kawasan wisata ini berupa pantai yang terletak di desa Sabulan, kira kira sekitar 30 Km dari kota Pangururan, Samosir. Sama seperti pantai lainnya di sekitaran daerah danau Toba, begitu juga dipantai ini dengan air danau yang segar, asli dari danau Toba.

Pemandian Boru Saruding

Kawasan wisata ini terletak di sebuah desa bernama Ransang Bosi, kecamatan Sitio tio, Samosir. Kawasan wisata ini merupakan tempat pemandian yang dahulu digunakan oleh seorang putri yang turun dari khayangan dan putri tersebut tidak dapat kembali ke khayangan dan ia menjadi seorang istri seorang lelaki.

Danau Sidihoni
Danau Sidihoni
Kawasan wisata ini merupakan sebuah danau yang dimana danau ini berada di atas danau Toba. Danau Sidihoni ini berukuran tidak lebih luas dari ukuran danau Toba. Kawasan objek wisata ini treletak di kecamatan Ronggurnihuta di pulau Samosir. Pemandangan di danau ini semakin indah dengan ditambahnya pohon-pohon pinus yang berderet.
Kekeringan mulai melanda di Danau Sidihoni
Masyarakat sekitar mempercayai kalau ketika air danau ini berubah warna, maka akan ada pertanda atau kejadian yang akan terjadi di Indonesia, percaya nggak percaya silahkan tanya saja. Kalau kamu masih penasaran silahkan kamu datang dan buktikan.


Kawasan ini juga terdapat perkebunan kopi milik masyarakat serta tanaman seperti buah buahan dan tanaman holtikultura lainnya.

Aek Liang
Aek Liang
Aek liang bukan berarti liang air, tetapi nama tempat wisata ini terletak di kecamatan Ronggurnihuta dan ini merupakan objek wisata dengan menawarkan sumber mata air. Sumber mata air ini dapat memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat-masyarakat yang tinggal di daerah sekita desa Aek Liang.

Comments
0 Comments

0 Bacotan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...