Jelajah Toba Samosir I


Bagi kamu yang tinggal di daerah Sumatera Utara, mungkin sudah mengenal pulau Samosir. Pulau samosir  adalah sebuah objek tujuan wisata baik dari wisatawan asing dan wisatawan lokal. Tapi tahukah kamu kalau alam di sekitar danau Toba memiliki banyak sekali potensi alam yang menarik untuk dikunjungi. 

Pasti kamu sudah mengenal tempat ini dan mungkin juga kamu sudah pernah berkunjung ke beberapa tempat tersebut ketika ingin menyeberang ke pulau Samosir.

Sibaganding

Monyet liar di kawasan Sibaganding
Kawasan wisata ini dapat ditempuh dari Parapat sejauh 43 km. Kawasan wisata ini merupakan pusat dari pelestarian monyet-monyet dialam terbuka dan masih alami. Kamu dapat menemukan banyak sekali kerumunan monyet yang berada pada pinggir jalan, tepatnya disisi jurang perbukitan. Dan monyet di kawasan ini dipelihara oleh seseorang yang bisa disebut pawang monyet.

Bukit Simarjarunjung

Bukit Simarjarunjung
Kawasan wisata ini dapat ditempuh dengan jarak 49 km dari kota Siantar dan 123 km dari Berastagi. Kawasan wisata ini biasanya sering dilalui oleh para turis mancanegara. Kawasan ini merupakan salah satu titik pemandangan terbaik untuk melihat ke arah danau Toba. Di kawasan wisata ini juga memiliki tempat peristirahatan para pengunjung sembari menikmati pemandangan luas ke danau.

Haranggaol

Kawasan wisata Haranggaol
Kawasan wisata ini berjarak 71 km dari kota Siantar dan kawasan ini terletak di area danau Toba. Kawasan wisata ini menyuguhkan panorama danau yang indah dan tempat rekreasi seperti bersepeda, memancing, "marsolu" atau biasa disebut menaiki sampan dan masih banyak lagi yang disediakan di lokasi ini.

Parapat 
Pemandangan danau Toba dari kawasan Panatapan
Kota yang akan menyambut kita pertama kali ketika memasuki daerah kawasan danau Toba. Di kota ini selalu buka 24 jam dan ramai akan pengunjung yang ingin singgah maupun menetap di Parapat. Bukan hanya itu saja, di sana kamu juga akan menemukan pondok "panatapan" dalam bahasa batak nya berarti pemandangan. Dari pondok singgah tersebut kamu dapat melihat langsung ke danau Toba yang membentang luas. Di pondok tersebut juga tersedia makanan khas dan berbagai jajanan.

Parapat
Di daerah ini juga terdapat berbagai tempat penginapan mulai dari yang ukuran kecil hingga besar dan berbintang ada disini. Hotel yang terkenal didaerah ini adalah hotel Niagara. Tapi siap-siap saja dengan kocek yang akan kamu rogoh lebih dalam dari kantong kamu. Karena pelayanan diberikan seperti hotel berbintang dengan panoramana danau Toba yang indah disekitar hotel.

Batu gantung

Batu Gantung dari bawah bukit
Kawasan wisata ini terdapat di kota Parapat. Objek wisata ini merupakan salah satu legenda asal terbentuknya nama Parapat. Kamu lihat pada gambar diatas, dan perhatikan ada sebuah batu yang menggantung dibawah batu besar.

Di lingkaran merah adalah Batu Gantung
Para pengunjung yang memasuki Parapat akan melihat objek wisata ini di kota Parapat. Tapi batu gantung terkadang tidak dapat dilihat dengan mata secara langsung, tetapi kadang menggunakan teropong untuk dapat melihat dengan jelas.

Ajibata
Tugu selamat datang di Ajibata
Ferry menuju dermaga Ajibata
Sebuah pelabuhan kapal ferry yang akan menyeberang semua kendaraan bermotor dan mobil ke Tomok yang berada di pulau samosir. Pelabuhan ini buka mulai pagi pada pukul 7.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB malam. Di sekitar daerah pelabuhan kamu akan menemukan warung makanan khas batak yang tersedia di pinggir jalan masuk pelabuhan. Kalau pada hari libur dan hari besar pelabuhan ini akan beroperasi mulai pagi
hari hingga tengah malam.

Pantai Long beach
Wisata air di Pantai Long beach
Pantai ini terletak dikawasan wisata Ajibata. Pantai ini memiliki panjang sekitar 300 meter dan pantai ini tidak memiliki bebatuan dan dengan pinggiran pantai yang landai. Ditempat ini kamu juga dapat menikmati wisata air dengan menggunakan sepeda air dan juga speedboat. Dan apabila kamu juga ingin pergi ke pulau Samosir, tempat ini juga menyewakan perahu secara perorangan / rombongan.

Taman Eden
Hutan Taman Eden, Samosir
Taman Anggrek
Sebuah taman konservasi yang dikelola oleh perorangan di daerah Parapat. Di daerah ini kamu dapat menyumbangkan 1 pohon untuk ditanam dan hasil dari penanaman pohon tadi akan kembali kepada kamu. Di taman ini banyak juga berbagai jenis pohon yang ditanam dan dikelola oleh masyarakat sekitar. Mereka memanfaatkan lahan yang diberikan untuk membuat kawasan go green Toba. Kalau kamu penasaran, silahkan berkunjung ke Taman Eden, Parapat.

Air terjun Taman Eden
Air terjun Taman Eden
Kawasan wisata ini terletak di daerah Lumban Rang, Samosir. Air terjun ini terletak dilokasi wisata rohani di Taman Eden. Ada terdapat 3 air terjun, pertama dengan 2 tingkatan dengan jarak tempuh 500m dari posko, air terjun gua kelelawar  jarak tempuh 5km dari posko dan air terjun 7 tingkat  jarak tempuh 11km dari posko. Air terjun ini memiliki air yang segar serta hawa yang sejuk, kalau mau lihat keindahaannya, silahkan datang ke mari.

Argowisata Lumbanjulu


Pintu masuk Argo wisata Lumban julu
Kawasan Agro Wisata Lubamjulu yang di bangun di atas tanah seluas sekitar 10 Hektar tepatnya di desa Sionggang Selatan Kecamatan Lumbanjulu. Adapun sarana yang terdapat di dalamnya yakni tempat penginapan, rumah Joglo/tempat pemandangan dan bangunan yang diplot sebagai tempat penjualan souvenir.

CLICK HERE TO CONTINUE
Comments
4 Comments

4 Bacotan:

inverter mitsubishi said...

bagus banget ya tempat wisata di medan, pengen banget deh ke samosir

Unknown said...

ya, memang samosir sedang berbenah untuk kegiatan pariwisata disana. silahkan berkunjung ke samosir. Nanti akan masih ada tempat wisata menarik lagi di Toba

Asaz said...

sayangnya saya belum pernah ke samosir

Unknown said...

kalau ada waktu silahkan mampir, dijamin ga nyesal datang dan lihat pemandangan alam danau Toba dan tempat wisata menarik di daerah sekitar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...