Pembuatan Aplikasi Windows Store Dasar (Visual Basic)

Setelah kamu mengenali tentang windows store app, maka kali ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat windows store app yang sederhana dengan menggunakan program visual studio 2012.

Adapun bahan yang dibutuhkan antara lain :
1. Program visual studio 2012
2. Koneksi internet (untuk mendapatkan lisensi developer secara online)

Namun, sebelum membuat aplikasi pastikan dulu kamu sudah menginstall program visual studio di komputer atau laptop kamu dan pastikan juga sudah mendapatkan lisensi developer online.

Apabila sudah selesai, maka kamu siap membuat aplikasi windows store. Langsung saja, kamu perhatikan langkah - langkah berikut ini :

Pilih File > New > Project atau dengan shortcut Ctrl + Shift + N. Kemudian pilih Visual Basic > Windows Store lalu pilih Blank App(XAML). Lihat gambar berikut


Pada Solution Explorer, pilih MainPage.xaml kemudian tekan Del untuk menghapus MainPage.xaml Lihat gambar berikut 


Selanjutnya, pilih Project > Add new item atau tekan Ctrl + Shift + A pada keyboard untuk menambah item baru untuk membuat MainPage.xaml yang telah dihapus tadi.


Ketika muncul notifikasi seperti ini, klik OK untuk menambahkan file yang dibutuhkan ke dalam project windows store apps.


Selanjutnya pilih Build > Build Solution untuk memperbaharui file dan selanjutnya akan muncul tampilan dasar windows store app pada desktop program visual studio 2012 seperti berikut.


Untuk menggantikan nama "My Application" maka cari dan ganti nama AppName "My Application" berikut menjadi seperti gambar di bawah ini


Ketikkan kode berikut sebelum <VisualStateManager.VisualStateGroups>


Pilih button Say Hello kemudian pilih Properties, kemudian pilih event (yang berlogo petir) lalu double klik pada event Click, sehingga muncul tampilan seperti berikut :


Ketikan program berikut ini pada event click pada button yang telah dibuat sebelumnya



Untuk menjalankan program tekan F5 kemudian hasil akhirnya akan seperti berikut ini 

Comments
0 Comments

0 Bacotan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...