Metode Belajar Mind Mapping


Jika kamu merasa kesulitan untuk menangkap pelajaran atau pun pembahasan yang sudah diberikan guru atau dosen pun masih saja susah untuk dimengerti. Kalau begitu kamu jangan putus asa, karena dengan metode belajar ini, kamu dapat menerima pelajaran atau materi kuliah dengan gampang dan cepat.

Mind mapping atau pemetaan pemikiran adalah metode dengan menggunakan gambar dan tulisan. Metode ini dapat memberikan akselerasi cepat dalam meringkas semua pelajaran atau materi kuliah. Metode ini dapat kamu gunakan dalam pemecahan masalah yang rumit. Dengan metode ini, kamu juga dilatih untuk menggunakan kedua belah otak, yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak kanan biasanya digunakan untuk mengingat tentang seni atau bersifat grafis dan otak kiri biasanya digunakan untuk berhitung dengan angka.


Metode belajar ini dapat dilakukan dan diterapkan baik dari anak-anak sampai dewasa. Cukup menyenangkan bukan ?? Tapi dengan ada metode seperti ini, kamu juga diharuskan membuat alur agar mempermudah untuk dimengerti. Seperti contoh pada gambar dibawah ini adalah salah seorang tokoh yang sukes.


Dari gambar kamu dapat menemukan berbagai macam cabang pemikiran dan akan terus berkembang hingga menjadi lebih besar percabangan . Dan untuk mempermudah kembali, kamu menggunakan berbagai macam alat tulis berwarna, minimal 3 buah warna.

Metode mind mapping ini sudah ada di Indonesia pada tahun 2003 dan sudah mulai berkembang hingga sekarang ini. Tidak perlu susah payah untuk belajar dengan metode ini. Jika kamu punya laptop atau komputer maka kamu juga dapat belajar dengan metode ini, dengan cara menggunakan aplikasi PAINT.

Jika kamu juga merasa kurang puas dalam pembelajaran dengan menggunakan aplikasi PAINT di laptop atau komputer, kamu juga dapat mendownload aplikasi mind mapping disini secara gratis. Aplikasi ini bernama XMIND dan memiliki fitur lengkap dalam mendukung pembelajaran mind mapping


Bagi kamu para pemula, untuk mengikuti metode ini, sebaiknya kamu memulai dari hal-hal sederhana yang berada dilingkungan kamu. Setelah beberapa kali latihan dengan metode ini, maka kamu akan sudah bisa menguasai pemecahan masalah. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk belajar bukan ?
Comments
0 Comments

0 Bacotan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...