Overclock VGA NVIDIA



Overclock VGA NVIDIA hampir sama dengan overclock pada VGA ATI. Dan cara overclock VGA NVIDIA ada beberapa cara dan juga beberapa utiliti yang perlu dipersiapkan. Tahapan yang ini, kamu butuh software NVIDIA nTUNE atau kamu dapat juga menggunakan software NVIDIA SYSTEM TOOLS dan juga NVIDIA INSPECTOR. Untuk download software tersebut, kamu dapat klik salah satu link berikut ini.

Bagian I : Overclock dengan NVIDIA SYSTEM TOOLS

1. Buka NVIDIA SYSTEM TOOLS dan pilih PERFORMANCE => DEVICE SETTINGS.



2. Atur kecepatan fan secara manual dan perlu diingat dalam proses overclock, temperatur VGA akan meningkat, maka dari itu perlu aturan / setting yang sesuai.
3. Kemudian  kamu pilih PERFORMANCE => ADJUST GPU SETTINGS, atur frekuensi awal mulai dari 20-30 MHz, kemudian kamu dapat menyesuaikan ke 5-10 MHz. Dan jika sudah mencapai batas/limit, maka kamu perlu back-up beberapa Hz untuk kestabilan. Lihat gambar.


4. Jika dalam overclock ini kamu menemukan sistem yang bermasalah, kamu jangan takut karena ini adalah proses normal dalam overclock. Setelah itu sistem akan melakukan restart untuk menyesuaikan pengaturan yang telah dibuat.
5. Kamu pilih PERFORMANCE => ADJUST MOTHERBOARD SETTINGS dan atur sesuai dengan gambar berikut.


Bagian II : Overclock dengan NVIDIA nTUNE

1. NTUNE adalah program tambahan yang disisipkan di NVIDIA Control Panel. Cara mengakses program ini cukup dengan klik kanan pada desktop, kemudian pilih NVIDIA Control Panel

Photobucket

2. Klik pada tab PERFORMANCE, kemudian kamu pilih AGREE untuk mengaktifkan program dan kamu atur slider pada CORE BUS dan MEMORY BUS.

nTune Main

Perlu diketahui juga dalam overclock dengan cara ini, kamu perlu menyesuaikan antara CORE BUS dan MEMORY BUS agar tidak terjadi tampilan yang error seperti gambar berikut ini.

Photobucket

Bagian III : Overclock dengan NVIDIA INSPECTOR

Pada bagian ini, kamu akan menggunakan program NVIDIA INSPECTOR. Program ini berfungsi untuk memberikan informasi mengenai VGA kamu dan juga dapat melakukan proses overclock

Berikut ini adalah screenshot overclock dengan NVIDIA INSPECTOR

NVIDIA Inspector

Untuk mengetahui secara detail informasi overclock, kamu klik SHOW OVERCLOCKING, maka akan muncul tampilan baru pada sisi kanan. Lihat gambar berikut ini.

Overclocking details

OK, Selamat mencoba.
Comments
2 Comments

2 Bacotan:

Unknown said...

Maf gan, untuk perbanding core clock ma memory clock buat OC berapa : berapa ya biar ga error kyk gmbr sda ?

Unknown said...

kalau itu manual setting gan, coba saja pelan-pelan sampai sesuai settingannya.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :)

Salam

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...