Hal-hal Yang Terjadi Dalam Masa Orientasi


Setiap orang yang telah menyelesaikan tingkat pendidikannya dan ingin melanjutkan ketingkat yang lebih tinggi lagi, maka mereka akan disuguhkan masa orientasi. Salah satunya adalah ketika ingin memasuki universitas baru. Dengan metode masa orientasi, mereka akan diajarkan beberapa hal sebelum memasuki kampus yang mereka tempati. Tapi, tidak jarang juga, ketika masa orientasi para mahasiswa baru / junior sering sekali mendapat beberapa ancaman ataupun tindakan keras dari para senior mereka.

Bahkan tak jarang juga para senior memberikan beberapa tindakan kekerasan kepada juniornya. Menurut mereka, ini adalah cara untuk melatih mental para mahasiswa baru. Tapi, apakah cara tersebut akan efektif ?? Dan apa dengan kekerasan maka mahasiswa baru akan merasa nyaman dengan masa orientasi tersebut ?? Justru para junior tidak menerima hal tersebut. Beberapa dari mereka mengeluhkan sikap dari pada senior yang semena-mena terhadap mereka.

Salah satu perilaku senior yang tidak adil adalah ketika ada seorang mahasiswa perempuan yang cantik berada dalam grup mereka, maka mereka tidak akan menghukum dia terlalu berat ketimbang dengan para mahasiswa lain. Selain dari situ, para mahasiswa yang laki-laki malah disuruh untuk melakukan hal yang berat. Sebuah ketidakadilan bagi para mahasiswa junior diperlakukan seperti itu. 

Lain dari hal itu, terkadang beberapa mahasiswa baru juga mengalami sebuah pelecehan seks dalam masa orientasi. Hal ini sudah keterlaluan dan mereka pun hanya menunduk kepada senior agar tidak kena hukuman yang berat kembali. Pertanyaannya sekarang, apakah hal itu lumrah ?? dan apakah hal itu menguji mental juga ?? Tindakkan para senior seperti ini perlu ditindak tegas oleh pihak kampus, agar tidak terjadi kembali hal yang serupa pada waktu yang akan datang.

Masa orientasi pun terkadang membuat seseorang menjadi trauma bahkan juga menjadi pendendam. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan seseorang yang sudah mengalami masa orientasi yang keras akan menerapkan kembali hal tersebut kepada para junior mereka yang berikutnya. 


Selain dari itu, masa orientasi juga terkadang diwarnai dengan pencarian jodoh. Tak jarang ditemukan para abang-abang senior menggunakan kekuasaan sementara mereka untuk mencari sang idaman hati. Bukan hanya para senior saja, tapi para junior juga seperti itu. Memang namanya cinta bisa datang kapan saja, tapi jangan sampai merusak masa orientasi mahasiswa.
Comments
0 Comments

0 Bacotan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...