Pemikiran Orang Mengenai Kuliah


Jika ada pertanyaan begini "Kamu nanti mau lanjut kuliah dimana ?" Mungkin langsung terbesit dalam pikiran kamu akan kuliah di universitas yang bagus dan baik tentunya. Lengkap dengan segala fasilitas demi menunjang jenjang pendidikan sebagai mahasiswa. Jelas, semua orang menginginkan hal tersebut.

Tak jarang ditemukan, orang yang bingung hendak memilih kuliah kemana ? dimana ? dan semua pertanyaan lain yang menjadikan beban tinggi bagi seseorang tersebut. Tak dipungkiri, jika setelah tamatan sekolah tingkat atas, maka akan tertuju kepada universitas yang bertaraf tinggi. Sebut saja UI, ITB, UGM, UNPAD, USU, STT atau berbagai jenis tingkatan pendidikan dalam hal kuliah.

Tapi dibalik semua itu, untuk memasuki sebuah universitas butuh standar nilai atau disebut juga PASSING GRADE. Dan hal ini yang sering salah ditanggapi oleh para calon mahasiswa. Mereka mengira dengan hal itu maka mereka sukses dan setengah mampus belajar agar masuk universitas favorit.

Sebenarnya tidak salah jika berpatokkan kepada PASSING GRADE, tapi yang lebih baik lagi bukan itu yang menentukan kesuksesan dalam universitas. Dan tidak selamanya yang berasal dari universitas favorit itu akan sukses. Itu berdasarkan kemauan dan minat pribadi masing-masing. 

Dan tidak heran, para calon mahasiswa ini berambisi tinggi untuk masuk universitas negeri dibanding swasta. Dan selain daripada itu, para calon mahasiswa ini ingin merasa "TERPANDANG" dengan status pendidikan di universitas tinggi dan langsung cepat mendapat kerja bukan ?? Sebenarnya hal itu saya rasa tidak perlu dipikirkan, hanya karena status menjadi seorang terpandang bukan menjamin kesuksesan seseorang.

Mungkin jika kamu mendapatkan kesempatan dalam mengikuti program SNMPTN, kamu akan bimbang dan ragu untuk memilih. Tapi, disarankan untuk memilih universitas yang berdasarkan kemampuan daya pemikiran, kualitas dan juga biaya. Jangan sampai, ketika sudah masuk universitas, lalu terkendala dengan biaya. Maka ujungnya dikeluarkan dari universitas tersebut. Menyakitkan memang jika itu sempat terjadi dan semoga saja tidak terjadi dengan kamu, para pembaca.

Jika kamu masih ragu untuk mengambil jurusan dan universitas untuk melanjutkan kuliah, maka kamu perlu mendalami karakter minat, potensi kemampuan dan kepribadian kamu, sembari itu berdoa agar Tuhan menunjukkan jalan yang terbaik bagi kamu.
Comments
0 Comments

0 Bacotan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...