Ketangguhan anak-anak Indonesia


Kalau kita berbicara mengenai anak-anak, mungkin yang akan terpikir dalam benak kita adalah ceria, senang, bahagia, dan berbagai hal yang mengasyikkan untuk anak-anak. Itu memang hal yang wajar dan lumrah sekali pada usia muda seperti mereka. Tapi, dibalik hal itu, tidak selamanya anak-anak mendapatkan kebahagiaan seperti anak-anak lain.

Salah satu contoh yang sering dijumpai adalah anak-anak sudah bekerja sejak usia muda mereka. Tak jarang, karena tuntutan dari krisis keuangan dan ekonomi, mereka mau tidak mau harus mampu menyambung hidup dengan cara bekerja keras. 

Beberapa dari mereka juga tidak sekolah karena tak ada biaya untuk menjejali bangku sekolah demi masa depan. Dan mereka biasanya dapat dijumpai di terminal bus, stasiun kereta, pinggiran jalan dan persimpangan jalan. Tak sedikit juga dari mereka itu bekerja sebagai pedagang asongan, dan penjual keliling di jalan-jalan kota. Tidak sedikit dari mereka yang harus putus sekolah karena ekonomi dan pendidikan yang mahal di Indonesia. Tragis sekali ketika melihat keadaan mereka harus bekerja. 

Dibalik semua sejuta kisah dari anak-anak itu, beberapa dari mereka malah mendapatkan sebuah prestasi yang membanggakan. Di sekitar lingkungan yang tidak jauh dari tempat saya tinggal, tepatnya di daerah Perumnas Mandala adalah pinggiran kota, yang pemukimannya kumuh dan tidak terawat sama sekali. Beberapa keluarga disana hanya bekerja sebagai wirausaha dan pekerjaan sebagai pemulung. Tapi, saya salut melihat mereka dan anak-anak di daerah tersebut, karena kerja keras yang mereka tekuni dengan sungguh-sungguh.

Beberapa kisah sukses dari mereka sudah saya dengar dan rata-rata mereka itu berasal dari keluarga yang tidak mampu dan mereka mampu untuk mengecap jenjang pendidikan. Anak-anak kecil yang tangguh, mulai bekerja dan sekolah demi masa depan.

Bahkan yang pernah saya dengar kisah dari kesuksesan mereka itu sampai ke luar negeri. Tidak terbayang betapa senangnya orang tua mereka, ketika melihat anak-anak mereka yang sukses dan berhasil kala itu dengan himpitan ekonomi yang menjepit sekali.

Perjuangan yang keras dan mereka mendapatkan hasilnya dengan baik berkat kerja keras mereka. Saya menaruh simpati dan bangga terhadap mereka yang mampu bekerja keras dan mendapat prestasi yang baik dalam pendidikan mereka. 

Anak Indonesia adalah anak-anak yang tangguh dan luar biasa sekali dengan kemampuan yang mereka miliki.
Comments
2 Comments

2 Bacotan:

Unknown said...

lebih tangguh lagi kiranya jika bidang usaha mereka jika negara mau menjamin pendidikan mereka sesaui amanat UUUD

Unknown said...

ya benar itu gan. seharusnya negara mampu membantu mereka dalam mengembangkan usaha mereka.

terimakasih sudah berkunjung,

salam

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...