Jelajah Toba Samosir V



Aek Sipitu dai
Tampilan dari depan Aek Sipitu dai
Relief pancuran air di tempat wisata Aek Sipitu dai
Dari nama Aek Sipitu dai memiliku arti dalam bahasa batak ialah air 7 rasa. Ini adalah objek wisata yang menawarkan mata air dengan sumber mata air ada 7 buah. Tiap sumber mata air memiliki rasa yang berbeda dari yang lain. Masyarakat sekitar mempercayai kalau tempat yang memiliki 7 sumber mata air yang berbeda ini mampu menyembuhkan orang yang terkena penyakit apabila air tersebut diminum. Kalau mau coba silahkan datang ke kecamatan Sianjur mula-mula.

Batu Sawan
Batu Sawan
Kawasan wisata ini adalah sebuah air terjun dengan rasa asam layaknya seperti asam jeruk purut. Kawasan wisata ini terletak di kecamatan Sianjur mula mula dan berada disekitar Pusuk buhit. Ada hal yang aneh pada kawasan wisata ini, ketika ingin meminum air di batu sepeti cawan, maka rasanya akan seperti rasa jeruk purut dan apabila air diminum sebelum jatuh ke cawan batu akan berasa seperti air pegunungan yang berasa tawar. Tempat ini pun digunakan untuk mengadakan upacara ritual.

Pulo Tulas
Pulo Tulas dari sisi danau Toba
Pulo Tulas, Sianjur Mula mula
Daerah ini adalah sebuah pulau kecil yang berada di danau Toba. Pulau kecil ini berada di luar daerah dari pulau Samosir. Kawasan ini terletak di kecamatan Sianjur mula-mula. Jadi kamu jangan heran kalau ada pulau kecil lain selain pulau samosir.



Batu parhusipan

Kawasan wisata ini terletak di kecamatan Sianjur mula-mula dan kawasan ini adalah kawasan yang pada zaman dahulu merupakan tempat pertemuan dari seorang perempuan bernama Si boru pareme. Dan kisah ini merupakan cerita masyarakat batak pada zaman dahulu.

Batu Nanggor


Kawasan wisata ini berada di kecamatan Sianjur mula-mula. Bukit ini merupakan tempat yang digunakan pada zaman dahulu oleh raja raja batak membuat senjata mereka di atas bukit batu martil.

Batu Hobon
Batu Hobon
Kawasan wisata ini terdapat di perbukitan pusuk buhit dan masyarakat menganggap kalau tempat ini lah yang merupakan batu penyimpanan harta benda masyarakat batak pada zaman dulu. Batu hobon yang berarti batu peti  ( dalam bahasa batak ) merupakan situs wisata alam yang berada di Samosir dan masyarakat juga meyakini bahwa batu ini sakral. Sudah ada beberapa keanehan yang terjadi kepada orang yang ingin membuka batu besar ini dan ada juga yang meninggal, karena sakralnya batu ini. Kalau mau coba buka, silahkan datang ke daerah ini.

Sigulatti

Kawasan wisata ini adalah kawasan yang terdapat di daerah Pusuk Buhit. Kawasan wisata ini terletak di kecamatan Sianjur mula-mula. Dan dari sinilah masyarakat mempercayai kalau orang batak berasal dari daerah ini. Percaya tidak percaya silahkan tanya sama masyarakat sekitar saja.


Lagundi Sitamiang
Pondok remaja
Kawasan wisata ini berada di kecamatan Onan Runggu, Samosir. Kawasan ini merupakan kawasan yang berupa ressort / wisma dan juga dijadikan sebagai tempat melakukan kegiatan perkemahan. Kawasan ini terdapat tempat pemandian alam dan tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas pondok remaja yang menghadap ke arah danau Toba.


Tambun Surlau


Kawasan wisata ini terletak di kecamatan Onan Runggu, Samosir. Kawasan ini menyuguhkan tempat pemandian alam yang sejuk dan kualitas air yang segar. Jadi kalau kamu ingin sekedar membersihkan badan setelah berkeliling, mampirlah ke tempat ini.


Hariara Nabolon
Hariara Nabolon
Kawasan wisata ini terletak di kecamatan Onan Runggu, Samosir. Kawasan ini menyediakan pemandangan berupa beberapa pohon beringin ( hariara dalam bahasa batak ) yang menyatu sehingga membentuk sebuah pohon yang sangat besar.

Comments
0 Comments

0 Bacotan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...