Alay, Trendsetter masa kini


Pasti kamu sudah tahu dan mengenal apa itu alay....?? alay adalah singkatan anak lebay. Tapi hal yang dianggap sepele oleh orang-orang sekitar ini dapat menjadi booming sampai detik ini. Tak jarang juga banyak para penggila dari yang satu ini. 

Alay pada masa kini adalah bentuk trendsetter yang berkembang tajam dikalangan masyarakat. Tidak hanya itu saja, alay juga menjadi famous dan menarik untuk diikuti perkembangannya. Tak jarang kita temukan berbagai jenis dan sifat sifat alay ini. Diantaranya dari gaya penampilan yang serba cerah dan meriah. Menggunakan kaos atau baju dengan "tabrakan warna" dan ngecereng dilihat mata. Pemakaian aksesoris yang beraneka ragam dan bentuk yang menarik. Dan masih banyak lagi ciri-ciri yang dipakai dalam penggila komunitas ini.


Tak jarang pula kita mendengarkan omongan dari pembicaraan orang - orang mengenai alay. Ada lah yang benci melihat tingkah laku nya, cara berpakaian dan penggunaan pernak pernik yang sangat wah sekali ya.... Dan tak sedikit juga yang ikut dengan gaya alay ini. Ciri khas utama yang melekat pada alay adalah serba nyentrik , mewah, rame dan unik tentunya. Karena dengan keunikan ini yang menjadi daya tarik kuat dan menyebabkan trend alay berkembang pesat bak jamur di musim hujan dan juga bak mandi di isi air.


Penggunaan bahasa pun kerap kali dipakai bahasa yang alay. Ada juga beberapa orang kalau sedang SMSan atau BBMan menggunakan bahasa begitu, seperti penggabungan tulisan huruf besar dan huruf kecil serta simbol - simbol dalam bentuk tulisan lainnya.


Tapi, lihat lah perkembangannya sekarang ini. Penggunaan bahasa alay sudah sangat menjamur luas dalam masyarakat. Dan penggunaan bahasa itu juga dipakai dalam media sosial seperti Facebook dan Twitter paling umumnya. Mereka yang memiliki akun dari sosial network ini mengganti namanya dengan "nama alay".   


Seperti contoh :  $4ya 4nAg mAnj4, aQ N@rziEz, QmU CaPa SeCh....? dan bentuk nama lainnya dalam berbagai bentuk dan format encoding.


(Emang dikirain dokumen, pake format....??)


Padahal dengan begitu orang akan bingung dengan nama - nama demikian. Seharusnya namanya bagus dan dikenal, eh malah yang aneh - aneh kerjaannya. Tapi itu lah kenyataan dan ada disekeliling kita sampai saat ini. Ibarat kata ; masih mending alay dari pada pake narkoba dan seks bebas, betul nggak...??? Tapi saya kembalikan kepada tanggapan para pembaca blog saja.


Ada juga tokoh masyarakat yang berpendapat dengan trend alay, salah satunya adalah Selo Soemaridjan. Beliau memberikan tanggapanya begini:


“Alay adalah perilaku remaja Indonesia, yang membuat dirinya merasa keren, cantik, hebat diantara yang lain. Hal ini bertentangan dengan sifat Rakyat Indonesia yang sopan, santun, dan ramah. Faktor yang menyebabkan bisa melalui media TV (sinetron), dan musisi dengan dandanan yang seperti itu.”


Jadi biarlah hal ini berkembang dalam lingkungan yang positif dan menjadi trend masa kini di Indonesia. Manatau ada perancang / orang luar yang tertarik dengan hal ini kan bisa jadi terkenal lagi deh Indonesia dengan keanekaragaman nya.


Nah sebagai penutup artikel ini, saya akan memberikan pendapat mengenai alay. Menurut saya kalau alay itu adalah hal yang positif dan akan berkembang terus menerus sehingga menjadi mode masa depan.
Comments
0 Comments

0 Bacotan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...