Mengupas fenomena di Facebook


Ada beberapa kejadian / kebiasaan yang selalu "nongkrong" di Facebook. Sadar atau tidak sadar kita juga pernah melakukannya. Memang beberapa dari kejadian-kejadian unik tersebut menarik untuk dijadikan sebagai bahan tulisan. Selain itu juga banyak mengundang kontroversi dikalangan publik.


Beberapa fenomena yang unik tapi aneh diantaranya:
1. Nama pengguna akun yang aneh-aneh
2. Meluapkan semua perasaan mulai dari yang galau, sedih sampek senangnya di Facebook
3. Menuliskan informasi pribadi yang tidak sesuai dengan kenyataan
4. Memiliki teman sampai ratusan ribu.
5. Memiliki akun pengguna yang tidak penting
6. Memajang foto-foto yang tidak layak diperlihatkan
7. Kasus penipuan oleh pengguna akun

Beberapa jenis fenomena itu adalah yang paling sering dilakukan di media network tersebut. Mari kupas tuntas semua fenomena diatas tadi.

1. Nama pengguna akun yang aneh-aneh

Kalo yang ini kagak usah ditanya lagi, udah bejibun akun Facebook makai yang satu ini. Tingkah laku para pemilik akun social network ini membuat orang lain susah dan bingung membaca nama sebenernya. Tak jarang juga kalo mau buat akun ini harus "meniru" apa yang sedang digandrungi oleh orang lain. Sebagai contoh kecil : SaiaLupzkamyuaja. Ada juga dengan menggunakan "embel-embel" band atau nama orang terkenal Untut hilton dan lain sebagainya.

Sebenarnya untuk apa sih nama "aneh" yang begituan...?? Kan buat bingung aja kalo nyari temen.

Hah, memang aneh untuk hal yang satu ini, tapi itu lah kenyataannya sampai detik ini.

2. Meluapkan semua perasaan mulai dari yang galau, sedih sampek senangnya di Facebook

Nah, kalo yang satu ini, sering banget. Malahan sampek banyak status yang diupdate tiap beberapa menit sekali dan kalau bisa setiap detik. Hal ini dilakukan biar orang yang membuat sebuah "masalah" dengan mereka (akun facebook) merasa dan ingin mereka tahu lebih detail apa yang membuat mereka menjadi seperti itu. Ibarat kata ingin dapat perhatian "pay attention please"

Sering juga kalo lagi marah di statusnya tercantum kata "nakal" dan tidak sopan. Masa nama hewan yang ada di kebun malah disebutin kepada orang lain...??? Wah sungguh terlalu....

Tak jarang juga kalo diperhatikan status mereka itu ada yang bersifat mengancam dan yang isinya aneh-aneh untuk dibaca. Kalo kurang yakin, silahkan lihat di status temen-temen FB kamu ya.

3. Menuliskan informasi pribadi yang tidak sesuai dengan kenyataan

Yang ini udah sering malahan, semua info nya diutak-atik. "Biar keren n mantap" kata orang dan hal ini juga dapat meningkatkan kasus penipuan di internet. Contoh yang sudah pernah kejadian gara-gara nyari jodoh di media sosial sampe salah pilih pasangan dan banyak kasus penipuan lain.

Padahal ini dibuatkan supaya orang lain tahu dan mengenal kita lebih dekat menjadi temannya.

4. Memiliki teman sampai ratusan ribu

Apa alasan orang memiliki banyak temen sampe ratusan ribu....?? Apa hanya ingin pamer dalam jumlah kuantitas atau memang mereka mengenal temen tersebut di FB...??

Sampai sekarang masih belum ada jawaban pasti dari hal ini, hanya mereka sendiri yang tahu akan hal ini. Tapi menurut saya, mereka yang kebanyakan temen belum tentu mengenal siapa temen mereka yang sudah "ngeadd" sang pemilik akun.

5. Memiliki akun pengguna yang tidak penting

Banjirnya para pemakai FB ini tidak lepas dari peran serta akun "hantu" alias tidak diketahui siapa pemilik aslinya. Bayangkan saja, banyak akun yang dibuat hanya menambah popularitas mereka saja. Banyak sekali akun palsu, seperti akun FB Justin bieber sampai puluhan ribu, bahkan itu foto yang dipajang pada profil pemilik akun tidak ada alias foto polos tanpa wajah.

6. Memajang foto-foto yang tidak layak diperlihatkan

Kebiasaan lain di FB adalah "ngetag" foto-foto yang aneh dan tidak pantas untuk dipublikasikan. Kadang foto itu berwujud tidak senonoh, alias bokep. Udah itu, malah ada yang bilang gini "Wah, boleh pake ga..??" Sebuah pertanyaan yang tidak patut untuk dikomentari. Aturannya pornografi bisa diatasi, eh malah muncul lagi, kalau begini terus ga akan bisa kelar.

7. Kasus penipuan oleh pengguna akun

Kasus ini juga banyak yang menimpa akun di FB, tak ayal juga ada yang sampai "masuk TV" dan media massa lainnya. Tak tanggung, korban yang ditipu mengalami kerugian yang sangat banyak dari FB ini, padahal niat baik mau bantuin, eh malah apes kena tipu ma orang lain. Maka dari itu banyak orang bilang "jangan pernah percaya dengan internet, karena banyak penipuan." Untuk itu hati-hati lah.

Banyak lagi  fenomena aneh di Facebook yang sering kita lihat, maka dari itu kesadaran dari dalam diri sendirilah yang perlu ditingkatkan, supaya mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi. Kan sayang kalau banyak tingkat kriminalitas dan segala bentuk kejahatan lain semakin meningkat.


Nah, saya mengembalikan semua pendapat dalam artikel ini kepada para pembaca

Comments
0 Comments

0 Bacotan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...