Pembuatan Game Sederhana Windows Store Bagian 3 (Hewan)

Untuk selanjutnya dalam pembuatan inti game Fun with english, sama seperti pada postingan sebelumnya pada link berikut ini.

Tekan tombol CTRL + SHIFT + A atau pilih menu PROJECT > ADD NEW ITEM pada menubar di visual studio 2012.

Pilih pada WINDOWS STORE > BLANK PAGE. Ketikkan nama pada textbox dibawah dengan nama HalamanB1.xaml, kemudian klik OK.

Pada kolom toolbox, klik drag item image pada toolbox kemudian berikan nama properties = img, selanjutnya tambahkan beberapa item dari toolbox seperti button, textblock dan textbox. 

Khusus untuk textbox berikan nama properties = txt. Untuk pengaturan pada button berikan nama properties = btn1 dan pada textblock berikan nama properties = soal. Setelah selesai, kemudian langkah untuk menambahkan gambar pada img perhatikan langkah dibawah ini :

Pilih Solution explorer dan klik kanan pada item Assets yang berada dalam Solution explorer lalu pilih Add > Existing item, seperti gambar berikut :


Selanjutnya akan muncul kotak dialog, kemudian browse gambar yang ingin ditambahkan pada item img pada HalamanA1, lalu kemudian klik OK untuk menambahkan gambar tersebut.

Setelah selesai dengan langkah tersebut, maka dilanjutkan dengan pemberian event pada item textbox, textblock dan button. Untuk memberikan event dapat dilakukan dengan cara klik pada icon berlogo "petir" pada kolom properties sebelah kanan atas.

Untuk pemberian event pada item sebagai berikut :
Textbox ( txt ), berikan event keydown pada kolom event
Button ( btn1 ), berikan event klik pada kolom event

Khusus untuk button ( btn1 ) lakukan pengaturan untuk menyembunyikan button dengan memilih Common > Visibility, kemudian pilih Collapsed yang terdapat pada kolom properties.

Setelah selesai maka berikut adalah penggalan kode program khusus untuk halaman B1 (Hewan) :


Keterangan :

Pada Private Sub btn1_click merupakan event pada button (dengan nama properti button : btn1) saat diklik. Pada penggalan program tersebut terdapat penggalan program lain :

Me.Frame.Navigate(GetType(HalamanB2)) : menavigasikan dari HalamanB1 menuju HalamanB2

Selanjutnya pada Private Sub txt_keydown merupakan event pada textbox (dengan nama properti textbox : txt) yang diberi event saat ditekan tombol keyboard. 

Pada penggalan program tersebut terdapat penggalan program lain untuk menggunakan pengaturan fungsi bila tombol keyboard Enter ditekan, yaitu seperti berikut :

If (e.Key = Windows.System.VirtualKey.Enter) Then

End If

Selanjutnya ada penggalan program untuk melakukan pilihan / conditional statement :

If (txt.text ="Nama Jawaban" ) Then
     
     >>Penggalan program eksekusi<<
     
     Else If(txt.text = "")

      >>Penggalan program eksekusi<<

     Else

      >>Penggalan program eksekusi<<

End If

Berikut adalah tampilan HalamanB1 yang akan dijalankan :


Comments
0 Comments

0 Bacotan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...