Cara mengatasi kekecewaan


Kecewa, mungkin semua orang dimuka bumi pernah mengalami hal ini dan tidak kenal umur ketika merasa kecewa. Tapi cara mengekspressikan kekecewaan semua orang berbeda-beda tentunya. Mungkin ada dari mereka dan anda akan melakukan hal-hal yang negatif hingga menjerumuskan kedalam kejahatan dan bentuk negatif lainnya.

Sebagian orang pasti akan merasa sedih karena merasa dikecewakan atau bahkan tidak memberi tanggapan sama sekali? Atau mungkin saja kita akan menghidar jauh dari keramaian orang? Mungkin saja bukan? Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi kekecewaan sehingga perasaan kita merasa lega.


Menangis ketika kecewa.

Mungkin hal yang satu ini sudah pasti untuk dilakukan oleh beberapa orang, terutama kaum hawa. Beberapa orang juga beranggapan kalau menangis itu tidak baik apalagi untuk seorang laki-laki ataupun pria. Mereka seolah menanggapi hal menangis itu adalah memalukan, apalagi dengan konsep "Lelaki itu tidak boleh menangis." Menangis adalah sesuatu yang wajar dan semua orang pasti pernah menangis. Dengan cara ini maka semua rasa kecewa yang dipendam akan diluapkan dan orang akan merasa lega dengan cara menangis. Jadi, menangis bukan hal yang "gengsi" bagi kaum adam.

Mencoba menenangkan diri dengan cara mendengarkan musik

Musik memiliki beberapa peranan dalam mengatur emosi manusia. Oleh karena itu lebih baik kita menenangkan diri sejenak dengan mendengarkan musik-musik yang disukai. Ntah itu musik pop, jazz, blues dan genre musik lain yang dapat menenangkan perasaan kamu.

Jangan berpikir untuk membalas kekecewaan

Kalau kita merasa kecewa, pasti ada saja niat untuk membalas kekecewaan pada orang yang sudah mengecewakan kita sendiri. Itu dikarenakan pengaruh emosi yang tidak stabil dan pikiran tidak tenang dengan emosi yang sudah sampai pada ubun-ubun kepala. Maka dari itu coba kita mengontrol pikiran jahat dengan menenangkan perasaan dan pikiran kita dulu supaya tidak terjadi hal demikian.

Memaafkan orang yang sudah mengecewakan dalam doa.

Mari mendoakan orang yang sudah mengecewakan kita. Memang terasa berat pasti untuk melakukan hal ini. Apalagi orang yang mengecewakan kita itu sudah tidak bisa ditolerir lagi. Maka dari itu kita mendoakan mereka dan dengan itu kita akan mendapatkan beberapa keuntungan lain, diantaranya kita juga melatih kesabaran, kita sudah mendapatkan sesuatu berharga dalam peningkatan iman dan masih banyak lagi manfaat dari hal ini. Pasti dengan cara ini kita akan merasa lega dan ikhlas dengan semua yang sudah terjadi.

Jadikan kekecewaan itu sebagai pacuan dan semangat untuk bangkit.

Kalau kita pernah dikecewakan mungkin kita langsung berpikir kalau tidak ada harapan lagi untuk membuka awal yang baru untuk dijalani. Tapi mari kita berpikir, apa dengan cara berdiam diri maka akan datang sebuah perubahan besar yang akan terjadi dalam hidup? Itu tidak akan mungkin, karena orang yang berpengharapan dan mau bangkit lagi dari rasa kekecewaan akan merasa kalau itu adalah pacuan semangat agar lebih baik dihari depan.

Dan bagi kamu yang sedang mengalami kekecewaan mungkin perlu dicoba tips ini, supaya kamu tidak merasa kecewa lagi. Semoga bermanfaat bagi kamu.
Comments
0 Comments

0 Bacotan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...