Dampak dari komitmen dalam hidup


Kamu yang sedang mengalami masalah dan beban yang berat? mengalami keputusasaan dalam hidup? Dan mungkin kamu kira tidak ada jalan keluar dari semua masalah mu? Jangan kamu takut akan hal yang demikian. Secara harafiah, manusia tidak luput dari namanya rasa takut, cemas dan mereka akan selalu mengeluarkan ide ide mereka untuk memecahkan masalah kehidupan mereka masing masing.

Tak kala ada yang berhasil dan ada juga yang gagal karena salah dalam mengambil langkah dan keputusan yang tidak tepat. Bagi setiap kita yang yakin akan adanya jalan keluar, pasti akan terjawab. Mungkin beberapa langkah berikut yang dapat kamu lakukan ketika mengalami rasa putus asa dan mau berkomitmen untuk lebih baik.

1. Kamu introspeksi diri sendiri dan tanyakan kepada diri kamu, apa yang sudah dilakukan dan hal apa saja yang menjadi hambatan.

Introspeksi diri adalah langkah awal yang memudahkan untuk mengetahui semua kesalahan dalam diri sendiri. Tak ayal semua orang pernah introspeksi diri mereka. Hal ini bertujuan untuk mengetahui langkah apa yang sudah diambil dan menentukan langkah apa yang akan diambil selanjutnya.

2. Berani membuat sebuah komitmen hidup.

Kalau semua orang mampu introspeksi lalu bagaimana dengan membuat komitmen? Mungkin hal ini susah untuk dilakukan, karena takut untuk dilanggar. Dengan cara seperti ini seharusnya mampu mengubah diri untuk menjadi lebih baik lagi. Dan mari mencoba membuat sebuah komitmen untuk maju kedepannya nanti.

3. Berdoa agar komitmen tadi mampu dijalani dalam kehidupan sehari hari.

Hal ini pendukung yang terbesar dan bisa mempengaruhi semua faktor. Oleh karena itu, setelah mampu dan yakin dengan komitmen mari melanjutkan untuk berdoa meminta kekuatan kepada Tuhan supaya dimampukan dalam menjalani keputusan yang sudah diambil.

4. Jalankan komitmen dan tidak kompromi dengan hal yang dapat mengganggu komitmen.

Terkadang setelah diputuskannya sebuah komitmen, agak susah dilakukan. Pada hari pertama ok, tiada masalah yang berarti, tapi pada hari berikutnya mungkin sudah tidak tahan dengan komitmen tadi. Coba untuk tidak mudah tergoda dengan hal yang mempengaruhi kita. Dan tetap yakinkan diri untuk mampu melakukannya.

5. Efek setelah mampu menjaga komitmen.

Secara sadar atau tidak, setiap komitmen yang diambil secara pribadi atau menyeluruh akan berpengaruh. Pengaruhnya dapat berupa sikap yang akan semakin tegas, konsisten dan tidak mengenal kompromi dengan hal yang tidak disukai. Dari sikap itu lah kita akan mendapatkan keuntungan lebih dalam hidup. Jadi, mulai dari sekarang mari tetapkan untuk selalu berkomitmen.
Comments
2 Comments

2 Bacotan:

rendy pratama said...

yup,dalam hidup kita harus memilii komitmen

Unknown said...

bener tuh gan, kalo ga ada bisa ga jelas tujuan hidup.

terimakasih sudah berkunjung ke blog saya gan,

salam :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...